Minggu, Februari 16

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini yang membahas tentang Algoritma dan Pemograman. Tanpa pertolongan NYA mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan tugas makalah ini. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni Nabi Muhammad SAW.

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
“Algoritma dan Pemograman”

Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.


Grandland,  16 Januari 2024

Wew wew  





DAFTAR ISI



                    

Kata Pengantar ................................................................................................................................ 1


Daftar Isi............................................................................................................................................... 2



Isi


A.       Pengertian Algoritma Dan Pemrograman  ......................................................... 3


B.      Tipe-Tipe Algoritma Berdasarkan Format Penulisan....................................... 5


C.      Teks Algoritma.................................................................................................................. 7


D.      Struktur Dasar Algoritma........................................................................................... 9



Daftar Pustaka................................................................................................................................... 10



                                                                                                              
A. PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN


Para ahli sejarah matematika menemukan asal kata Algorism yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi. Al- Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata Algorism sering dikelirukan dengan Arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata.

Menurut  Rinaldi  Munir,  algoritma  adalah  urutan  langkah-langkah  logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Menurut KBBI Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Jadi, Berdasarkan dua pengertian algoritma di atas, dapat disimpulkan bahwa algoritma merupakan suatu istilah yang luas, dan masih banyak lagi pengertian – pengertian tentang algoritma. Algoritma tidak hanya berkaitan dengan dunia komputer akan teapi algoritma juga berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita ditemui dalam kehidupan sehari – hari misalnya:
1.      Memasak mie instant.
Prosesnya adalah sebagai berikut:
1.      Memanaskan air.
2.      Membuka pembungkus mie instant.
3.      Memasukkan mie ke dalam air mendidih.
4.      Taruh bumbu di piring.
5.      Angkat mie jika sudah masak.
6.      Campurkan mie dengan bumbu yang sudah ada di piring.
7.      Mie siap disajikan.


2.      Menelepon.
Prosesnya adalah sebagai berikut:
1.      Angkat telepon.
2.      Tekan nomor teleponnya yang dituju.
·         Jika diangkat maka mulai berbicara setelah selesai tutup teleponnya.
·         Jika tidak diangkat, maka tutup teleponnya.
Selain contoh diatas  masih banyak lagi contoh – contoh sederhana mengenai algoritma yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari.

Setiap manusia punya pola pikir yang berbeda antara manusia yang satu dengan manusia yang lain, oleh karena itu dalam memecahkan suatu masalah ataupun juga algoritma dengan hasil yang berbeda. Algortma dikatakan benar atau baik apabila dapat menyelesaikan suatu masah.

Pemograman berasal dari kata program yang berarti serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer, sedangkan pemograman adalah  segala kegiatan pembuatan program menggunakan komputer. Komputer membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer. Selain itu terdapat istilah bahasa pemograman yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. Oleh sebab itu  berdasarkan pengertian algoritma dan pemograman  maka dapat disimpulkan bahwa program merupakan hasil dari penerapan-penerapan algoritma.

Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan juga manusia. Proses komputasi pada umumnya didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing (model komputasi teoritis yang ditemukan oleh Alan Turing). Sebenarnya  bahasa pemrograman dirancang sebagai media untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dengan komputer.

Sebuah bahasa pemrograman disebut Turing Complete jika dapat dipergunakan untuk mendeskripsikan semua komputasi yang dapat dilakukan Mesin Turing, yaitu memiliki variable integer dan operator aritmatik, pernyataan penugasan, pernyataan sekuensial, pernyataan seleksi, dan pernyataan iterasi didefinisikan secara formal menggunakan konsep matematika dari Mesin Turing.
                                                                                                              
B. TIPE-TIPE ALGORITMA BERDASARKAN FORMAT PENULISAN


Penulisan  algoritma  tidak  ter-ikat  pada  suatu  aturan  tertentu, tetapi harus jelas maksudnya dari suatu penulisan algoritma untuk tiap langkah algoritmanya. Notasi algoritma bukan merupakan notasi bahasa pemograman, namun notasi ini dapat diterjemahkan kedalam berbagai bahasa pemograman. Algoritma dapat dinotasikan dalam beberapa cara, yaitu:

1. Untaian Kalimat Deskriptif (Natural)
Algoritma  bertipe  deskriptif  maksudnya  ialah algoritma yang ditulis dalam bahasa manusia seperti bahasa Indonesia atau bahasa Ingris  dan dalam bentuk  kalimat. Notasi ini cocok digunakan untuk algoritma yang pendek, namun untuk notasinya  yang panjang, notasi ini kurang efektif digunakan dan juga pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman menjadi cenderung relatif sukar.

2.  Pseudocode
Pseudocode berasal dari kata pseudo dan code . Pseudo  berarti imitasi dan  code  ber-arti kode yang dihubungkan dengan instruksi  yang ditulis dalam bahasa komputer atau kode bahasa pemograman. Pseudocode  digunakan  untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrogramannya.

3. Flow Chart (Diagram Alir)
Diagram alir atau flow chart adalah  bagan menggambarkan urutan langkah-langkah kegiatan atau program mulai dari awal sampai akhir dengan menggunakan simbol atau gambar tertentu dan dan garis alir. Simbol-simbol yang mewakili fungsi-fungsi langkah program dan garis alir (flow lines) yang  menunjukkan urutan dari simbol-simbol yang akan dikerjakan. Flowchart lebih baik digunakan dibandingkan dengan menggunakan pseudocode. Jumlah simbol yang digunakan dalam flowchart sedikit, karena itu lebih sederhana dan lebih mudah dipelajari.

Dalam pembuatan flowchart program tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak, karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisis suatu masalah dengan komputer sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan yang lainnya.

Simbol - simbol Flow chart
Contoh Flow chart untuk menentukan bilangan terkecil



C. TEKS  ALGORITMA


Teks algoritma  merupakan penjelasan atau deskripsi langkah-langkah dari penyelesaian masalah yang tersusun secara sistematis. Langkah-langkah tersebut tidak memiliki standar yang baku seperti pada bahasa pemrograman tetapi  langkah-langkah tersebut mudah di mengerti oleh si pembacanya. Agar teks algoritma yang dibuat mudah di translasikan ke bahasa pemrograman tertentu maka sebaiknya langkah-langkah dari teks algoritma yang dibuat berkoresponden dengan perintah-perintah bahasa pemrograman. Teks algoritma disusun atas tiga bagian atau blok yaitu; bagian judul agoritma (header), bagian deklarasi, dan bagian deskripsi. Setiap bagian dapat diberi komentar yang biasanya dituliskan menggunakan kurung kurawal.

·      Judul Algoritma
 Judul algoritma merupakan bagian dari teks algoritma yang terdiri atas nama algoritma dan
penjelasan tentang algoritma tersebut. Nama algoritma sebaiknya singkat, namun cukup menggambarkan apa yang akandilakukan oleh algoritma tersebut. Di bawah nama algoritma disertai dengan penjelasan singkat atau  tentang apa yang dilakukan oleh algoritma. Penjelasan di bawah nama algoritma sering dinamakan juga spesifikasi algoritma. Algoritma harus ditulis sesuai dengan spesifikasi yang didefinisikan.
Contoh :
Program Luas_Kubus                ← {Judul Algoritma}
{ Menghitung luas kubus untuk ukuran sisi yang dibaca dari piranti masukan lalu
mencetak hasilnya kepiranti keluaran}        ← {Spesifikasi Algoritma}

·      Deklarasi
Deklarasi atau disebut juga Kamus, deklarasi adalah bagian teks algoritma sebagai tempat untuk mendefinisikan semua nama yang dipakai di dalam algoritma. Nama tersebut dapat berupa nama type, nama konstanta, nama variabel, nama fungsi, dan nama prosedur. Semua nama tersebut baru dapat dipakai di dalam algoritma jika telah didefinisikan terlebih dahulu didalam kamus. Penulisan sekumpulan nama dalam kamus sebaiknya dikelompokan menurut jenis nama tersebut. Nama variabel belum terdefinisi nilainya ketika didefinisikan. Pendefinisian nama konstanta sekaligus memberikan harga konstanta tersebut, pendefinisian nama fungsi dilakukan sekaligus dengan domain atau range serta spesifikasinya. Pendefinisian nama prosedur sekaligus dengan pendefinisian parameter (jika ada) dan spesifikasi prosedur (kondisi awal “Initial State”, Kondisi akhir “ Final State” dan proses yang dilakukan).
Contoh :
Kamus
{Nama type, hanya untuk type yang bukan type dasar}
type jam : <hh,mm,ss :integer> {Type jam terdiri dari 3 masukan yaitu “hh” sebagai
jam. “mm” sebagai menit dan “ss” sebagai detik}
{Nama konstanta, harus menyebutkan type dan nilai }
constant phi : real = 3,14159
constant nama : string = ‘Alex’
constant benar : boolean = true
{Nama Informasi, menyebutkan type}
x,y : integer {suatu nilai yang bertype bilangan bulat}
NMax : real {nilai maksimum yang bertype bilangan real}
Nama : string {suatu nilai yang merupakan kumpulan character}
P : point {suatu nilai pada bidang kartesian}
Cari : Boolean {suatu nilai logika}
{Nama fungsi, menyebutkan domain dan range}
function RealToInt (x:real) → integer
{mengubah harga x yang bertype real menjadi harga ekivalen yang bertype integer}
{Nama prosedur, menyebutkan “IS” initial state, “FS” final state dan proses}
procedure tukar (input/output x,y : real)
{ IS x dan y terdefinisi, x = a dan y = b
FS x = b dan y = a
Proses : menukar isi informasi bilangan x dan y }

·      Deskripsi
Deskripsi atau sering disebut juga algoritma. Deskripsi adalah bagian inti dari suatu algoritma yang berisi instruksi atau pemanggilan aksi yang telah didefinisikan. Komponen-komponen teks algoritma dalam pemrograman yaitu: instruksi dasar seperti input/output, assignment , sequence (runtutan), analisa kasus, perulangan. Setiap langkah algoritma dibaca dari langkah paling atas hingga langkah paling bawah. Urutan penulisan menentukan urutan pelaksanaan perintah.

Contoh :
Algoritma
input (c,d)            {menerima masukan 2 bilangan c dan d}
if c < d then         {operasi kondisional}
e ← a + b             {e di assignment oleh nilai a dan b}
else
e ← a – b
output (e)            {hasil keluaran berupa bilangan e}


D. STRUKTUR DASAR ALGORITMA


Sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar yang membentuk konstruksi suatu algoritma. Struktur-struktur dasar tersebut ialah:

·                Runtunan (sequence)
Pada struktur sekuensial instruksi dikerjakan secara berurutan baris perbaris mulai dari baris pertama hingga baris terakhir, tanpa ada loncatan atau perulangan. Pada struktur ini Tiap instruksi dikerjakan satu per satu.

·                Pemilihan (selection)
Struktur seleksi adalah instruksi yang dipakai untuk memilih satu aksi dari beberapa kemungkinan aksi berdasarkan suatu syarat.

·                Pengulangan (repetition)
Struktur perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur instruksi perulangan pada dasarnya terdiri atas :
• Kondisi perulangan, yaitu suatu kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dapat terjadi.
• Badan atau body perulangan, yaitu deretan instruksi yang akan diulang-ulang pelaksanaannya.
• Pencacah (counter) perulangan, yaitu suatu variabel yang nilainya harus berubah agar perulangan dapat terjadi dan pada akhirnya membatasi jumlah perulangan yang dapatdilaksanakan.

DAFTAR PUSTAKA

Chipp. (2009, 11 March).  Algoritma dan Pemrograman Dengan C++. Diperoleh 15 januari 2013, from http://ilmukomputer.org/2009/03/11/algoritma-dan-pemrograman-dengan-c/

 

Hannan. (2010, 12 Juni). Pengertian Pemrograman. Diperoleh 15 januari 2013, from http://hannan.h08.alumni.ipb.ac.id/


Wirman. (2009, 3 march). Algoritma Pemrograman Dengan Menggunakan C++. Diperoleh 15 januari 2013, from http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2009/03/wirman-algoritma

Hariyanto. (2009). Algoritma Dan Pemrograman. Diperoleh 15 januari 2013, from

http://hariyanto.staff.jak-stik.ac.id/?en_algoritma-dan-pemrograman,20


Anonim. (2012, 13 December). Algoritma. Diperoleh 15 januari 2013, from http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma/

 

Anonim. (2012, 13 December). Pemrograman. Diperoleh 15 januari 2013, from http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman

 

Anonim. (2009, 19 Juni). Algoritma dan Pemrograman. Diperoleh 15 januari 2013, from http://www.nusinau.com/algoritma-dan-pemrograman/


PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM. Diperoleh 15 januari 2013, from




{ 11 komentar... read them below or Comment }

Welcome to My Blog
Diberdayakan oleh Blogger.

| Copyright © Peroripoppu | Robotic Notes | Designed by Johanes Djogan | Editedd by MADAO|